Rabu, 06 Januari 2010

Bandara Scihpol Operasikan 60 Scaner Baru

Den Haag, (tvOne)

Bandara Schiphol Belanda akan mendapatkan 60 scanner tubuh lengkap baru, untuk mencakup semua penerbangan tujuan AS. Operator bandara Schiphol Group mengumumkan, Senin (4/1) menyusul pemboman gagal pada Hari Natal atas sebuah penerbangan dari Amsterdam. 

Scanner-scanner itu, seharga 150.000 euro (216.000 dolar) per unit, yang akan ditempatkan di Schiphol "dalam beberapa bulan yang akan datang", juru bicara Mirjam Snoerwang mengatakan pada
 AFP. 

Ke 60 alat penyaring gambar itu merupakan tambahan bagi 15 scanner seluruh tubuh yang telah ditempatkan di bandara tersebut, yang bekerja dengan teknologi gelombang suara dan yang telah digunakan untuk sejumlah penerbangan tujuan-AS selama tiga tahun terakhir. "Menyusul insiden terhadap penerbangan tujuan-Detroit, bandara memutuskan untuk menambah jumlah scanner guna melindungi semua penerbangan," jelas Snoerwang. 

Pemimpin kelompok itu, Jos Nijhuis mengatakan, langkah tersebut diambil berdasar perintah Koordinator Nasional untuk Anti-Terorisme, badan pemerintah. Nijhuis menjelaskan, bahwa para penumpang ke tujuan lain dari AS tidak diperiksa secara rutin, menanggapi keluhan yang menyatakan seorang wartawan telah berusaha untuk membawa semprotan hipodermik ke atas penerbanagn dari Schipol ke London. "Bahwa kami sekarang dilukiskan di sejumlah surat kabar berbahasa Inggris sebagai `bandara teror` itu tidak benar sama sekali," katanya. (Ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar