Rabu, 30 Desember 2009

FTA juga memberikan peluang usaha bagi Entrepreneur muda...

FTA juga memberikan peluang usaha bagi Entrepreneur muda...

Argumen apapun yg kita gunakan, FTA tetap akan membawa 2(dua) dampak ; Menguntungkan dan Merugikan.

Neraca perdagangan terahir ASEAN China, Asean mengalami lonjakan semakin besar dari tahun ketahun, yg berarti daya saing Industri menurun dari tahun ketahun.

Unutk pengusaha yg produk ahirnya akan berkompetisi langsung, ada baiknya konsolidasi (effesiensi) dan diversifikasi usaha (bukan divesifikasi produk). Sangat diuntungkan jika berbasis bahan baku lokal seperti : Agro, Tambang, Kehutanan, Perikanan dan makanan. diversifikasi Industri bertujuan daya saing memalaui subsidi silang. Jika Industri yg sdh ada saat ini dalam kompetisi hebat dgn China, maka usha yg lainnya dpt membantu menekan kerugian yg mungkin timbul.

Sebaiknya UU kawasan Industri dan KEK yg sdh disyahkan DPR tahun lalu, persiapannya dipercepat dan jika mungkin digalakkan pendirian kawasan Industri, pertanian, peternakan, agar bisa memperkuat daya saing masing-masing produk unggulan ditiap daerahm, dan bukan tdk mungkin kita juga bisa berkompetisi dgn China.

Pemerintah lbh mengoptimalkan pengelolaan lahan, sebagaimana diketahu banyak lahan produktif tdk digarap karena justru pemilik modal lbh senang bersepekulasi membeli tanah dan setelah ditunggu beberapa tahun akan dijual lagi, bahkan mereka mengincar lahan yg akan dibebaskan utk proyek pemerintah. Org kaya semacam ini justru kontra produktip, mereka mencari untung dgn berseoekulasi dan tdk memberikan konstribusi utk menciptakan lapangan Kerja. Spekulasi ini timbul karena terkadang pemerintah kurang melindungi Industri, sehingga mereka justru jika membuka Industri sering merugi karena berbagai kendala, akibatnya mencari jalan pintas spekulasi tanah.

Ada baiknya Pemerintah mendorong pendirian kawasan Industri di setiap Provinsi dan lsg mengoptimalkan peroduk unggulan masing masing daerah, yg diharapkan bs bersaing di Asean dan China. Memberikan Insentif kepada PMA dari berbagai negara utk membantu bersaing dgn Produk China. Kami yakin dgn Modal market lokal yg besar, prsh patungan akan bersaing dgn Produk China.

Bagi Entrepreneur yg sekarang mungkin belum ada usaha, dan masih mencari cari, justru FTA Asean-China akan membantu utk terciptanya celah usaha, utk itu Entrepreneur muda harus jeli membaca dan mempelajari dinamika peluang dan ancaman usaha setelah diberlakukannya FTA 01-01-2010.

Salam Entrepreneur.....

sumber : ridwan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar