Kamis, 31 Desember 2009

kelemahan penggunaan organisasi staff dan lini pada dunia pendidikan

bentuk organisasi ini merupakan perpaduan antara dua bentuk organisasi, yaitu organisasi staff dan lini. wewenang diserahkan dari pucuk pimpinan kepada unit-unit organisasi yang ada di bawahnya dalam semuabidang pekerjaan dan bawaha pucuk pimpinan ditempatkan staff.staff ini tidak mempunyai wewenang lini/garis ke bawah. staff hnya berfungsi sebagai pemberi nasihatpemberi pertimbangansesuai bidang keahliannya.

kelemahan dari organisasi ini adalah
  • sering terjadi pertentangan antara pejabat lini dengan staff karena masing-masing lebih mengetahui masalah yang sedang terjadi. perbedaan ini terjadi karena cara pandang mereka berdasarkan keahliannya. pejabat lini berpendirian pada masalah yang ada pada lapangan dan pejabat staff berdasarkan pada teori yang dia miliki. namun pada dasarnya teori belum tentu dapat diterapkan pada kondisi dilapangan langsung....
  • saran yang diberikan oleh pejabat staff seringkali disampaikan dalam bentuk perintah. hal ini yang membuat pekerja bingung karena sulit membedakan antara perintah dan saran.
  • perintah dari pejabat lini kurang diperhatikan karena para pekerja lebih percaya dengan staff dibanding atasannya.
  • kadang terjadi perintah yang tidak asam antara pejabat lini dan pejabat staff.
hanya ini yang bisa saya tulis untuk artikel ini
sekian dan terima kasih..................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar